Minggu, 07 Agustus 2011

MATA KULIAH KOMPUTER AKUNTANSI SEKILAS KOMPUTER AKUNTANSI

A. GAMBARAN UMUM

     1. Sejarah singkat MYOB Limited

         MYOB Accounting adalah sebuah sistem aplikasi/program pengolah data untuk menyajikan sebuah laporan keuangan (lengkap dengan pengendalian Inventory, sales, purchase, dan asset company ) dari suatu perusahaan baik usaha skala mikro , midle maupun makro. MYOB ( Mind Your Own Bussness ) adalah sebuah perusahaan multinasional Australia yang menyediakan sofware bagi perusahaan kecil, menengah. Nama MYOB pertama kali digunakan pada produk sofware akuntansi bisnis kecil, yang kemudian dikembangkan oleh Teleware Inc. (Amerika ) pada tahun 1980-an. Kemudian sebuah perusahaan sofware Australia Data-Tech Sofware membeli hak cipta sofware tersebut pada tahun 1996 yang kemudian merubah namanya menjadi MYOB Limited, Kemudian dalam rangka untuk memperluas pangsa pasar di Eropa kemudian perusahaan tersebut meng-akuisisi NZA Gold yakni sebuah perusahaan yang mengembangkan program akuntansi yang berkembang di Selandia Baru. Kemudian pada tahun 2004 MYOB Limited melakukan merger dengan Solution 6 Holdings dan memperluas pelayanan bisnisnya di beberapa negara seperti Australia, Selandia baru, Inggris, Irlandia. Pada tahun 2005 MYOB Limited melebarkan sayapnya hingga ke China dengan melakukan joint venture operation lokal ( dari sofware perusahaan menengah hingga multiguna) seperti MYOB Exonet dan MYOB On Demand. Selain hal yang tersebut diatas ada juga produk MYOB lainnya termasuk sofware Retail point of sale, asset management payroll, payment service, practice and tax sofware and E-Commerce solutions. Semua produk ini dapat digunakan dengan menggunakan sistem operasi Microsoft Windows dan Apple Inc, Mac, OS X.

       2. Pengertian MYOB

           MYOB ( Mind Your Own Business ) adalah sebuah program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat, akurat dengan menggunakan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama yaitu pemasukan daftar akun, pengaturan(setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada pelaporan keuangan.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki MYOB Accounting antara lain:
  1. Mudah digunakan oleh para pengguna yang memiliki kemampuan terbatas mengenai komputer dan   akuntansi
  2. Dapat menyajikan laporan keuangan secara otomatis, lengkap, dan akurat apanpun diperlukan baik yang berkaitan dengan neraca saldo, neraca, laporan laba-rugi, laporan pembelian, laporan penjualan, daftar umur piutang, jurnal transaksi, laporan persediaan barang dll.
  3. Sistem keamanan terjamin karena dilengkapi dengan akses keamanan seperti password
  4. Mempunyai kemampuan export data ke program microsoft exel, microsoft word, bahkan dapat disimpan dalam bentuk Pdf maupun Text file.
  5. Mampu menampilkan data secara cepat dan mudah serta dilengkapi dengan fasilitas audit trail, transaction trail untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layar komputer atau dicetak ke printer
      3. Fasilitas dan cara kerja MYOB Accounting 

         Program MYOB dapat digunakan secara efektif dan efesien dengan cara memahami proses kerja program yang berkaitan dengan proses akuntansi, Proses akuntansi dengan MYOB akan diawali dengan kegiatan Entry data awal perusahaan yang kemudian diakhiri dengan kegiatan penyajian laporan keuangan. Adapun fasilitas yang disediakan oleh MYOB Accounting adalah antara lain :
  • Accounts
  •  Banking
  • Sales
  • Time billing
  • Purchases
  • Payroll
  • Inventory
  • Card file
     4. Beberapa tahapan kegiatan proses input data Akuntansi 

         Sebelum anda memindahkan data perusahaan ke dalam program MYOB Accounting, terlebih dulu anda harus mengenal area kerja atau tahapan penting dalam kegiatan proses In-put data akuntansi ke dalam program MYOB tersebut yakni ;

1. Kegiatan I - VII : adalah kegiatan Setup awal perusahaan (meliputi; menyiapkan informasi data        perusahaan, menghapus, mengedit, dan membuat bagan rekening baru, menyusun rekening Linked accounts, menghapus, mengedit serta membuat Tax code dan  Linked Tax code , mencatat data pelanggan,mencatat data pemasok, mancatat data inventory, mencatat saldo awal masing-masing buku besar dan buku pembantu) 
2. KegiatanVIII       : adalah kegiatan entry data transaksi perusahaan ( Mencatat data transaksi dan data penyesuaian )
3. Kegiatan IX        : adalah kegiatan penyajian laporan keuangan dan laporan lainnya ( Rekonsiliasi dan mencetak laporan keuangan serta laporan lainnya )
4. Kegiatan X         : adalah kegiatan tutup buku dan penyajian data pada periode berikutnya ( ( Tutup buku akhir periode/tahun )

         5. Sistem perhitungan Harga pokok ( HPP )

             MYOB dalam menghitung penentuan besarnya harga pokok secara default akan menerapkan Methode rata-rata tertimbang ( Weighted Average ) sehingga nilai satuan persediaan akan secara otomatis disesuaikan setiap kali terjadi perubahan terhadap penentuan nilai dan jumlah persediaan ( dari pembelian, produksi, penyesuaian dll ).
contoh : 

- Pembelian I                          = 1 unit - harga satuan Rp. 1.600,-
- pembelian II                        =  1 unit - harga satuan Rp. 1.300,-

Untuk menentukan nilai satuan maka diperhitungkan dari hasil bagi antara nilai total persediaan akhir dengan jumlah persediaan akhir. Jadi nilai yang akan ditransfer pada setiap transaksi yang melibatkan fungsi persediaan akan terlihat sebagai berikut : pada contoh diatas nilai satuan persediaan tersebut adalah : Rp.1.600,-+ (2xRp.1.300,-)/3 = Rp. 1.400,-

     6. Format Tanggal dan mata uang

         Untuk format tampilan tanggal dan simbol mata uang ( currency ) mengikuti setting windows yang digunakan format tanggal dan satuan uang yang dapat diubah dengan setting yang diinginkan oleh kita. Dimana setiap komputer komputer setting data dan timenya berbeda. Untuk melakukan setting tanggal dan nilai uang terlebih dulu ubahlah sesuai dengan keinginan pengguna melalui Klik Star menu > Control panel > Internasional setting atau Regional & Language Options, kemudian dilajutkan dengan meng-  klik Tab Date & Currency atau Regional Options

                                              "Selamat mencoba semoga berhasil "


 

2 komentar: